Connect with us

MAKASSARTA'

Cermin Cembung

Published

on

cermin cembung

Jenis cermin berdasarkan bentuk permukaannya terbagi menjadi 3 salah satunya yaitu cermin cembung. Kali ini kami akan membahas tuntas tentang materi pelajaran IPA (Fisika) tentang cermin cembung.

Berikut ini pengertian, ruang, sinar istimewa, sifat bayangan,  manfaat, rumus hingga contoh soal dari cermin cembung.

Daftar Jenis Cermin Berdasarkan Bentuk Permukaannya !

Cermin Cembung

Pengertian Cermin Cembung

Cermin cembung adalah suatu cermin yang permukaan yang bisa memantulkan cahaya melengkung keluar dan bentuknya lengkung.

Cermin cembung memiliki bagian tengah yang jaraknya lebih dekat dari bagian tepinya. Pemantulan bayangan cermin cembung memiliki bersifat diverogen yang artinya menyebarkan cahaya atau berkas cahaya yang datang akan dipantulkan kembali dari satu titik dan menyebar.

Ruang Cermin Cembung

Salah satu yang menentukan banyak hal pada cermin cembung adalah ruang. Ruang pada cermin cembung terbagi menjadi beberapa ruangan atau segmen. Contoh pengaruh ruang terhadap cermin cembung seperti menentukan sifat dan posisi bayangan akan muncul.

Secara garis besar ruang pada cermin cembung sangat penting untuk Anda ketahui dimana letak depan, belakang dan posisi masing masing.

Sinar Istimewa Pada Cermin Cembung

Cermin cembung memiliki sinar istimewa yang berbeda dengan cermin cekung. Berikut ini 3 sinar istimewa yang terdapat pada cermin cembung, antara lain :

  1. Apabila sinar yang datang dan sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah dari fokus cemin
  2. Jika sinar datang menuju ke R maka akan dipantulkan kembali ke R
  3. Kalau sinar datang menuju ke titik fokus maka akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama

Sifat Bayangan Cermin Cembung

Cermin cembung membentuk sifat bayangannya adalah maya tegak dan diperkecil. Sifat bayangan pada cermin cembung ini banyak digunakan pada kaca spion kendaraan bermotor contohnya. Sering timbul pertanyaan mengapa kaca spion kendaraan bermotor dibuat dari cermin cembung, dikarenakan untuk sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin tersebut sehingga pengemudi bisa melihat bayangan belakang secara luas.

Manfaat Cermin Cembung

Cermin cembung juga memiliki banyak manfaat untuk diterapkan di kehidupan sehari hari. Berikut ini contoh pemanfaatan cermin cembung yang sering kita temui di kehidupan sehari hari.

Spion Mobil dan Motor

Pemanfaatan cermin cembung pada spion mobil dan motor dipilih agar pengendara bisa melihat area belakang dengan lebih luas. Sehingga pengendara bisa lebih berhati hati dan mengetahui sisi kanan, kiri, dan belakang dari kendaraannya.

Cermin di Pertigaan atau Perempatan Jalan

Penggunaan cermin cembung yang diletakkan di jalan pertigaan maupun perempatan ini berfungsi agar pengendara kendaraan bermotor bisa mengetahui kendaraan yang berlawanan arah. Sehingga di area pertigaan atau perempatan jalan yang ditaruh cermin cembung tersebut diharapkan bisa terhindar dari kecelakaan.

Rumus Cermin Cembung

Terdapat dua rumus pada cermin cekung yang bisa dijadikan pedoman yaitu mencari nilai fokus dan perbesaran bayangan.

Rumus yang digunakan cermin cembung sama dengan cerming cekung namun nilai F atau fokusnya negatif karena letak ruang benda yang berbeda.

Sedangkan untuk mencari nilai perbesaran cermin cembung menggunakan rumus berikut.

Soal Cermin Cembung

Jev Edukasi Online juga menyediakan kumpulan contoh soal cermin cembung yang bisa Anda jawab dan kerjakan. Berikut ini contoh soal pilihan ganda beserta jawabannya yang bisa Anda buat latihan atau kerjakan.

  1. Diketahui suatu benda yang memiliki tinggi 3 Cm dan berjarak 4 Cm dari cermin cembung yang memiliki jari-jari 8 Cm. Berapakah perbesaran yang terjadi pada benda tersebut yang ditaruh di depan cermin cembung ?
    A 0,25 Kali
    B 0,50 Kali
    C 0,75 Kali
    D 0,80 Kali
    E 1 Kali
  1. Diketahui sebuah bayangan benda yang diletakkan didepan cermin cembung yang berjari jari 18 Cm adalah 3 Cm. Tentukan jarak benda tersebut terhadap cermin cembung !
    A 3 Cm
    B 3,5 Cm
    C 4 Cm
    D 4,5 Cm
    E 5 Cm
  1. Sebuah benda diletakkan didepan sebuah cermin yang memiliki tinggi 3 Cm. Sedangkan jarak benda dengan depan cermin cembung diketahui sejauh 5 Cm dan nilai fokusnya 5 Cm, tentukan jarak bayangannya !
    A -2,5 Cm
    B -3 Cm
    C 3,5 Cm
    D 4 Cm
    E 4,5 Cm
  2. Diketahui sebuah benda yang memiliki jarak 60 Cm depan cermin cembung yang memiliki jari jari 80 Cm. Semisal tinggi benda tersebut adalah 10 Cm, berapa tingi bayangan benda tersebut ?
    A 8 Cm
    B 7 Cm
    C 6 Cm
    D 5 Cm
    E 4 Cm
  3. Sebuah benda memiliki fokus cemin sebesar 12 Cm dan benda tersebut diletakkan berjarak 4 Cm dari depan cermin. Tentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh benda tersebut terhadap cermin cembung !
    A 1 Kali
    B 0,80 Kali
    C 0,75 Kali
    D 0,50 Kali
    E 0,25 Kali

Penutup

Sekarang sahabat Jev Edukasi Online sudah mengerti semua kan tentang materi IPA (Fisika) bab cermin cembung ini. Materi diatas tadi sudang lengkap membahas tentang pengertian, ruang, sinar istimewa, sifat bayangan, manfaat, dan rumus dari cermin cembung. Latihan contoh soal pilihan ganda diatas juga bisa Anda jadikan bahan latihan untuk menguji kemampuan pemahaman Anda tentang materi cermin cembung.

Continue Reading

CAPTIONews

Dampak Penyimpangan Sosial

Published

on

By

penyimpangan sosial

Dalam penyimpangan sosial terdapat ciri, dampak dan upaya pencegahannya. Anda bisa mempelajari bentuk penyimpangan sosial sebelum membaca lebih jauh artikel ini. Artikel ini akan membahas tuntan materi sosiologi mengenai ciri, dampak dan upaca pencegahan dari penyimpangan sosial.

Penyimpangan Sosial

Perilaku menyimpang seseorang individu maupun kelompok akan selalu ada dikehidupan kita sehari hari. Terdapat beberapa tanda atau ciri yang bisa kita identifikasi, selain perilaku menyimpang terdapat dampak yang didapatkan. Namun terdapat upaya untuk meminimalisir perilaku penyimpangan sosial baik di lingkungan keluarga ataupun masyarakat secara luas.

Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa 6 ciri-ciri dari penyimpangan sosial diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Dapat diterima atau dapat juga ditolak
  2. Definisi penyimpangannya harus jelas
  3. Penyimpangan relatif dan mutlak
  4. Adanya norma-norma penghindaran dalam penyimpangan
  5. Penyimpangan terhadap budaya nyata atau budaya ideal
  6. Bersifat adaptif atau menyesuaikan

Dampak Penyimpangan Sosial

Terdapat berbagai dampak yang didapatkan dari perilaku penyimpangan baik bagi pelaku maupun orang lain atau masyarakat secara luas. Berikut ini dampak yang didapatkan bagi pelaku dan masyarakat dari perilaku penyimpangan sosial.

Dampak Bagi Pelaku      

Perilaku penyimpangan sosial akan mendapatkan dampak tersendiri bagi sang perlaku. Berikut ini 4 dampak yang dirasakan oleh perlaku penyimpangan sosial.

  1. Akan dikucilkan atau dijauhi oleh masyarakat sehingga dapat memberikan dampak psikologi dan tekanan mental bagi pelaku.
  2. Terkadang perilaku penyimpangan ini akan menghancurkan masa depan pelaku dikarenakan banyak hal, entah saksi sosial maupun hukum.
  3. Mendapatkan dosa dan menjauhkan pelaku dari Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Dapat mencelakakan dan membahayakan sang pelaku akibat perilakunya yang menyimpang.

Dampak Bagi Masyarakat/Orang Lain

Tanpa kita sadari ternyata perilaku atau perbuatan penyimpangan sosial ternyata berdampak juga bagi masyarakat atau orang lain. Berikut ini 4 dampak yang akan dirasakan atau dialami oleh orang lain atau masyarakat.

  1. Akan merusak tatanan norma, nilai ataupun pranata sosial lainnya yang berlaku di masyarakat.
  2. Bisa merusak unsur budaya atau unsur lainnya yang dapat mengatur aturan dalam bermasyarakat.
  3. Akan berakibat terganggunya keamanan, ketertiban maupun keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Dampat keempat yaitu akan membuat keluarga pelaku beban sosial, psikologis hingga ekonomi.

Dampak Positif Penyimpangan Sosial

Tidak semua dampak dari perilaku penyimpangan sosial itu negatif, terdapat pula yang positif. Siapa sangka ternyata perilaku penyimpangan sosial juga memiliki kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut ini kontribusi dampak positif dari perilaku penyimpangan sosial bagi kehidupan bermasyarakat.

  1. Dapat memperkokoh dan memperkuat nilai dan norma yang ada dalam masyarakat
  2. Tumbuhnya sikap keastuan masyarakat dikarenakan tanggap terdapap perilaku penyimpangan.
  3. Dapat memperjelas batas moral karena masyarakat akan tanggapan terhadap perilaku menyimpang.
  4. Perilaku penyimpangan sosial dapat mendorong perubahan sosial pula.

Cara Pencegahan Penyimpangan Sosial

Untuk melakukan pencegahan dari berbagai bentuk penyimpangan sosial terdapat cara dan upayanya. Upaya dan cara pencegahan penyimpangan sosial dapat dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah hingga lingkungan masyarakat. Berikut ini cara dan upaya pencegahan berbagai betuk penyimpangan sosial.

Lingkungan Keluarga

Upaya pencegahan penyimpangan sosial ternyata bisa kita mulai dari lingkungan terdekat kita yaitu keluarga. Dalam praktinya seorang orang tua bisa melakukan upaya pencegahan terhadap anaknya agar tidak sampai melakukan perbuatan penyimpangan. Berikut ini terdapat cara dan upaya pencegahan perilaku penyimpangan sosial yang dapat dilakukan di lingkungan keluarga.

  1. Menanamkan nilau kedisiplinan, dan budi pekerti yang baik kepada anak
  2. Membuat keluarga terasa harmonis, perhatian dan penuh rasa cinta kasih sayang
  3. Menerapkan punnish untuk kesalahan and reward untuk prestasi anak
  4. Menjalin hunungan dan komunikasi yang baik dengan anak
  5. Dapat meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita dan keluh kesah sang anak serta membimbingnya.

Lingkungan Sekolah

Sekolah manjadi lingkungan belajar anak yang kompleks baik untuk menimba ilmu juga pergaulan. Lingkungan sekolah juga memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah upaya penyimpangan sosial terhadap anak. Berikut ini terdapat beberapa cara dan upaya yang dapat dilakukan oleh guru kepada siswanya untuk mencegah perilaku penyimpangan.

  1. Menanamkan nilai-nilai yang dapat membentuk kepribadian Anak seperti kedisiplinan, sopan santun, dan spiritual yang sesuai dengan kepercayaan masing masing.
  2. Membangun hubungan yang baik dengan Anak sehingga terjalin hubungan timbal balik yang baik.
  3. Memberikan sebuah ruang gerak agar Anak bisa mengembangkan potensi diri yang bernilai positif.
  4. Mendidik anak agar selalu bisa bersikap jujur, bertanggungjawab dan terbuka.
  5. Selalu sedia ketika Anak mencurahkan kekeluhan atas berbagai masalah yang Anak alami, untuk memberikan solusi dan mengarahkannya.

Lingkungan Masyarakat

Tanpa kita sadari ternyata pergaulan anak dengan lingkungannya berpengaruh terhadap pola berfikir Anak. Sehingga perlunya peran lingkungan masyarakat agar dapat membantu dan sebagai media bergaul yang baik untuk Anak. Terdapat beberapa cara untuk mencegah perilaku menyimpang terhadap Anak di lingkungan masyarakat, sebagai berikut.

  1. Membentuk budaya disiplin dilingkungan masyarakat, contohnya seperti tamu yang bermalam harap melapor ke RT, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.
  2. Membangun kerukunan anatar warga dengan cara gotong royong, kepedulian jika ada tetangga sakit ataupun terkena musibah dll.
  3. Mengembangkan beberapa komunitas yang dapat membentuk dan melatih Anak untuk berorganisasi seperti karang taruna dll.

Penutup

Gimana sahabat Jev Edukasi Online sekarang sudah tau kan tentang dampak dan cara atau upaya untuk mencegah penyimpangan sosial? Terdapat ciri-ciri nya juga yang bisa yang bisa Anda amati agar tidak terjadi perilaku penyimpangan di sekitar Anda.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022