Connect with us

CAPTIONews

Kebutuhan Manusia

Published

on

kebutuhan manusia

Terdapat tuntutan jasmani maupun rohani seseorang untuk berkehidupan yang layak dan tenang membuat manusia memiliki kebutuhan tiap harinya. Macam dan jenis kebutuhan tiap orang sangat banyak dan digolongkan dengan parameter tertentu. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas itu tuntas mengenai materi ekonomi bab kebutuhan manusia.

Daftar MATERI  Sistem Ekonomi

Kebutuhan Manusia

Pengertian kebutuhan manusia adalah segala keinginan seseorang terhadap suatu benda atau jasa untuk memenuhi kepuasan jasmani maupun rohaninya.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan setiap orang, baik dari lingkungan, kemajuan zaman dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan setiap orang atau individu memiliki cara tersendiri.

Jenis Kebutuhan Manusia

Sedangkan jenis kebutuhan manusia itu sendiri dapat digolongkan berdasarkan intensitas, sifat, waktu, subjek dan wujudnya. Berikut ini penjelasan dan contoh masing-masing jenis kebutuhan yang digolongkan menjadi beberapa parameter tersebut.

Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Menurut intensitasnya kebutuhan menusia terbagi menjadi 3 jenis yaitu primer, sekunder dan tersier. Berikut ini pengertian dan contoh masing-masing jenis kebutuhan yang berdasarkan intensitas.

Kebutuhan Primer

Pengertian dari kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar bisa tetap bertahan hidup.

Setiap orang harus dapat memenuhi jenis kebutuhan ini dikarenakan sifatnya alami untuk bertahan hidup. Contoh kebutuhan primer pada umumnya seperti sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal).

Kebutuhan Sekunder

Pengertian kebutuhan sekunder adalah suatu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah memenuhi kebutuhan primer.

Kebutuhan sekunder ini biasanya sifatnya penunjang seseorang untuk menjalankan hidup dan tiap orang berbeda-beda. Contoh kebutuhan sekunder seseorang seperti alat kecantikan, perabotan rumah tangga, televisi, sepeda ontel dan lain sebagainya.

Kebutuhan Tersier

Pengertian kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh seseorang setelah terpenuhinya kebutuhan sekunder.

Kebutuhan tersier sifatnya yaitu kemewahan yang dapat meningkatkan status sosial seseorang. Contoh kebutuhan tersier seperti villa mewah, mobil yang mewah, perhiasan yang mahal, kapal pesiar, helikopter pribadi dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Menurut sifatnya kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu jasmani dan rohani. Berikut ini pengertian dan contoh kedua jenis kebutuhan manusia yang berdasarkan sifat.

Kebutuhan Jasmani

Pengertian kebutuhan jasmani adalah suatu kebutuhan seseorang untuk memuaskan diri atau jasadnya dengan barang atau benda.

Seseorang memiliki kebutuhan jasmani ini dikarenakan sebuah tuntutannya sebagai makluk hidup. Contoh kebutuhan jasmani yang sering kita alami seperti makanan, pakaian, kendaraan, gadget, rumah dan lain-lain.

Kebutuhan Rohani

Pengertian kebutuhan rohani adalah suatu kebutuhan yang sifatnya abstrak atau tidak nyata namun dapat dirasakan dengan kepuasan batin.

Setiap orang memiliki kebutuhan rohani yang berbeda beda dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Contoh kebutuhan rohani seseorang seperti agama, rekreasi, hiburan, musik, perhatian, bermain game, nongkrong bersama teman dll.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Menurut waktu kebutuhan manusia digolongkan menjadi 2 jenis yaitu sekarang dan yang akan datang. Berikut ini pengertian dan contoh dari kedua jenis kebutuhan yang berdasarkan waktunya.

Kebutuhan Sekarang

Pengertian kebutuhan sekarang adalah suatu kebutuhan yang dipenuhinya harus sekarang oleh seseorang dan kebutuhan tersebut tidak dapat ditunda-tunda.

Kebutuhan sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan berpengaruh terhadap seseorang tersebut. Contoh kebutuhan sekarang ini seperti orang yang sedang sakit dan membutuhkan obat, orang yang sedang kelaparan membutuhkan makan dll.

Kebutuhan Yang Akan Datang

Pengertian kebutuhan yang akan datang adalah suatu kebutuhan yang memenuhinya dimasa mendatang atau yang akan datang.

Biasanya kebutuhan yang akan datang ini sudah diantisipasi dan dilakukan oleh seseorang jauh-jauh hari. Contoh kebutuhan yang akan datang seperti menabung untuk jangka panjang, dana pensiun untuk hari tua, asuransi untuk biaya pendidikan dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Menurut subjeknya kebutuhan manusia dibagi dan digolongkan menjadi 2 jenis yaitu perorangan atau individu dan kelompok atau kolektif. Berikut ini pengertian dan contoh dari kebutuhan yang berdasarkan subjeknya.

Kebutuhan Perorangan

Pengertian kebutuhan perorangan adalah suatu kebutuhan yang dibutuhkan oleh perorangan atau individu.

Kebutuhan perorangan ini biasanya tiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda beda dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Contoh kebutuhan individu atau perorangan ini seperti gitar untuk gitaris, laptop untuk mahasiswa, kacamata dari dokter untuk yang sedang sakit mata dll.

Kebutuhan Kelompok

Pengertian kebutuhan kelompok adalah suatu kebutuhan yang menyangkut kebutuhan atau kepentingan bersama.

Kebutuhan kelompok atau kolektif biasanya menyangkut dengan kepentingan umum atau suatu kelompok tertentu. Contoh kebutuhan kelompok seperti tempat ibada, toilet umum, sekolah, jalan raya dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Wujud

Menurut wujudnya kebutuhan manusia terbagi menjadi 2 jenis yaitu barang dan jasa. Berikut ini pengertian dan contoh dari kedua kebutuhan yang berdasarkan wujudnya.

Kebutuhan Barang

Pengertian kebutuhan barang adalah suatu kebutuhan yang berwujud sebuah barang.

Kebutuhan barang ini memiliki ciri yang jelas dapat dilihat, disentuh dan dirasakan. Contoh kebutuhan barang ini seperti mobil, perhiasan, perabotan rumah, handphone dll.

Kebutuhan Jasa

Pengertian kebutuhan jasa adalah suatu kebutuhan yang tidak berwujud namun bisa dirasakan rasanya.

Yang membedakan antara barang dengan jasa kalau jasa tidak berwujud dan tidak dapat disentuh. Contoh kebutuhan jasa seperti nonton film atau konser, menggunakan jasa tukang pijat untuk memijat, menggunakan jasa dokter untuk memeriksa kesehatan kita dll.

Contoh Soal Kebutuhan Manusia

contoh soal kebutuhan manusia

soal kebutuhan manusia

Bagaimana, sekarang Anda sudah faham kan tentang materi yang kami paparkan panjang lebar diatas lengkap mengupas mengenai kebutuhan manusia. Kini kami sajikan contoh soal kebutuhan manusia pilihan ganda yang bisa Anda jadikan untuk latihan menguji pemahaman Anda atas materi diatas.

  1. Bermacam-macam kebutuhan manusia, hal itu disebabkan oleh adanya …
    A Banyaknya jumlah penduduk
    B Terbatasnya teknologi
    C Meningkatnya kebutuhan
    D Tidak pastinya tingkat pendapatan
    E Sumber daya banyak yang rusak
  1. Dari waktu ke waktu, biayahidup manusia selalu meningkat, hal ini disebabkan oleh …
    A Manusia tidak dapat mengendalikan keinginannya
    B Keinginan hidup layak
    C Kebutuhan manusia yang selalu bertambah seiring dengan tuntutan psikis dan fisik
    D Keinginan hidup yang mewah
    E Manusia ingin mempertahankan hidupnya
  1. Disebut apakah suatu pengeluaran yang dugunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?
    A Biaya hidup
    B Konsumsi
    C Harga
    D Ongkos
    E Uang
  1. Seperti yang kita ketahui bahwasannya sumber daya terbatas, namun keinginan manusia tidak terbatas, hal ini mendorong manusia untuk …
    A Bekerja dengan tekun
    B Bertindak jujur
    C Menghalalkan segala cara
    D Berprilaku secara ekonomis
    E Memanfaatkan semua peluang yang ada
  1. Terjadinya globalisasi, dapat mendorong …
    A Bertambahnya keanekaragaman budaya
    B Memajukan negara
    C Wawasan msyarakat menjadi semakin bertambah
    D Gaya hidup menjadi berubah
    E Kebutuhan baru menjadi semakin bertambah

Penutup

Itulah tadi materi Ekonomi Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kebutuhan manusia yang biasanya terdapat pada kelas X SMA Semester 1. Seperti yang kita paparkan diatas kebutuhan manusia terbagi menjadi 5 golongan yang memiliki macam dan jenis tersendiri. Materi ini sudah lengkap juga dengan pengertian dan contonya juga. Selain itu juga Anda bisa melatih kemampuan pemahaman Anda pada bab ini dengan menjawab contoh soal kebutuhan manusia diatas.

Continue Reading

CAPTIONews

Dampak Penyimpangan Sosial

Published

on

By

penyimpangan sosial

Dalam penyimpangan sosial terdapat ciri, dampak dan upaya pencegahannya. Anda bisa mempelajari bentuk penyimpangan sosial sebelum membaca lebih jauh artikel ini. Artikel ini akan membahas tuntan materi sosiologi mengenai ciri, dampak dan upaca pencegahan dari penyimpangan sosial.

Penyimpangan Sosial

Perilaku menyimpang seseorang individu maupun kelompok akan selalu ada dikehidupan kita sehari hari. Terdapat beberapa tanda atau ciri yang bisa kita identifikasi, selain perilaku menyimpang terdapat dampak yang didapatkan. Namun terdapat upaya untuk meminimalisir perilaku penyimpangan sosial baik di lingkungan keluarga ataupun masyarakat secara luas.

Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa 6 ciri-ciri dari penyimpangan sosial diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Dapat diterima atau dapat juga ditolak
  2. Definisi penyimpangannya harus jelas
  3. Penyimpangan relatif dan mutlak
  4. Adanya norma-norma penghindaran dalam penyimpangan
  5. Penyimpangan terhadap budaya nyata atau budaya ideal
  6. Bersifat adaptif atau menyesuaikan

Dampak Penyimpangan Sosial

Terdapat berbagai dampak yang didapatkan dari perilaku penyimpangan baik bagi pelaku maupun orang lain atau masyarakat secara luas. Berikut ini dampak yang didapatkan bagi pelaku dan masyarakat dari perilaku penyimpangan sosial.

Dampak Bagi Pelaku      

Perilaku penyimpangan sosial akan mendapatkan dampak tersendiri bagi sang perlaku. Berikut ini 4 dampak yang dirasakan oleh perlaku penyimpangan sosial.

  1. Akan dikucilkan atau dijauhi oleh masyarakat sehingga dapat memberikan dampak psikologi dan tekanan mental bagi pelaku.
  2. Terkadang perilaku penyimpangan ini akan menghancurkan masa depan pelaku dikarenakan banyak hal, entah saksi sosial maupun hukum.
  3. Mendapatkan dosa dan menjauhkan pelaku dari Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Dapat mencelakakan dan membahayakan sang pelaku akibat perilakunya yang menyimpang.

Dampak Bagi Masyarakat/Orang Lain

Tanpa kita sadari ternyata perilaku atau perbuatan penyimpangan sosial ternyata berdampak juga bagi masyarakat atau orang lain. Berikut ini 4 dampak yang akan dirasakan atau dialami oleh orang lain atau masyarakat.

  1. Akan merusak tatanan norma, nilai ataupun pranata sosial lainnya yang berlaku di masyarakat.
  2. Bisa merusak unsur budaya atau unsur lainnya yang dapat mengatur aturan dalam bermasyarakat.
  3. Akan berakibat terganggunya keamanan, ketertiban maupun keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Dampat keempat yaitu akan membuat keluarga pelaku beban sosial, psikologis hingga ekonomi.

Dampak Positif Penyimpangan Sosial

Tidak semua dampak dari perilaku penyimpangan sosial itu negatif, terdapat pula yang positif. Siapa sangka ternyata perilaku penyimpangan sosial juga memiliki kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut ini kontribusi dampak positif dari perilaku penyimpangan sosial bagi kehidupan bermasyarakat.

  1. Dapat memperkokoh dan memperkuat nilai dan norma yang ada dalam masyarakat
  2. Tumbuhnya sikap keastuan masyarakat dikarenakan tanggap terdapap perilaku penyimpangan.
  3. Dapat memperjelas batas moral karena masyarakat akan tanggapan terhadap perilaku menyimpang.
  4. Perilaku penyimpangan sosial dapat mendorong perubahan sosial pula.

Cara Pencegahan Penyimpangan Sosial

Untuk melakukan pencegahan dari berbagai bentuk penyimpangan sosial terdapat cara dan upayanya. Upaya dan cara pencegahan penyimpangan sosial dapat dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah hingga lingkungan masyarakat. Berikut ini cara dan upaya pencegahan berbagai betuk penyimpangan sosial.

Lingkungan Keluarga

Upaya pencegahan penyimpangan sosial ternyata bisa kita mulai dari lingkungan terdekat kita yaitu keluarga. Dalam praktinya seorang orang tua bisa melakukan upaya pencegahan terhadap anaknya agar tidak sampai melakukan perbuatan penyimpangan. Berikut ini terdapat cara dan upaya pencegahan perilaku penyimpangan sosial yang dapat dilakukan di lingkungan keluarga.

  1. Menanamkan nilau kedisiplinan, dan budi pekerti yang baik kepada anak
  2. Membuat keluarga terasa harmonis, perhatian dan penuh rasa cinta kasih sayang
  3. Menerapkan punnish untuk kesalahan and reward untuk prestasi anak
  4. Menjalin hunungan dan komunikasi yang baik dengan anak
  5. Dapat meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita dan keluh kesah sang anak serta membimbingnya.

Lingkungan Sekolah

Sekolah manjadi lingkungan belajar anak yang kompleks baik untuk menimba ilmu juga pergaulan. Lingkungan sekolah juga memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah upaya penyimpangan sosial terhadap anak. Berikut ini terdapat beberapa cara dan upaya yang dapat dilakukan oleh guru kepada siswanya untuk mencegah perilaku penyimpangan.

  1. Menanamkan nilai-nilai yang dapat membentuk kepribadian Anak seperti kedisiplinan, sopan santun, dan spiritual yang sesuai dengan kepercayaan masing masing.
  2. Membangun hubungan yang baik dengan Anak sehingga terjalin hubungan timbal balik yang baik.
  3. Memberikan sebuah ruang gerak agar Anak bisa mengembangkan potensi diri yang bernilai positif.
  4. Mendidik anak agar selalu bisa bersikap jujur, bertanggungjawab dan terbuka.
  5. Selalu sedia ketika Anak mencurahkan kekeluhan atas berbagai masalah yang Anak alami, untuk memberikan solusi dan mengarahkannya.

Lingkungan Masyarakat

Tanpa kita sadari ternyata pergaulan anak dengan lingkungannya berpengaruh terhadap pola berfikir Anak. Sehingga perlunya peran lingkungan masyarakat agar dapat membantu dan sebagai media bergaul yang baik untuk Anak. Terdapat beberapa cara untuk mencegah perilaku menyimpang terhadap Anak di lingkungan masyarakat, sebagai berikut.

  1. Membentuk budaya disiplin dilingkungan masyarakat, contohnya seperti tamu yang bermalam harap melapor ke RT, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.
  2. Membangun kerukunan anatar warga dengan cara gotong royong, kepedulian jika ada tetangga sakit ataupun terkena musibah dll.
  3. Mengembangkan beberapa komunitas yang dapat membentuk dan melatih Anak untuk berorganisasi seperti karang taruna dll.

Penutup

Gimana sahabat Jev Edukasi Online sekarang sudah tau kan tentang dampak dan cara atau upaya untuk mencegah penyimpangan sosial? Terdapat ciri-ciri nya juga yang bisa yang bisa Anda amati agar tidak terjadi perilaku penyimpangan di sekitar Anda.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022