China akan kembangkan lebih banyak lembaga arkeologi kelas dunia

China akan kembangkan lebih banyak lembaga arkeologi kelas dunia
Beijing – Administrasi Warisan Budaya Nasional China (NCHA) mengeluarkan pedoman uji coba untuk pengembangan lembaga arkeologi kelas dunia untuk meningkatkan kemampuan lembaga tersebut.

Secara bertahap hingga 2035, China berupaya meningkatkan kemampuan keseluruhan dan kedudukan global lembaga-lembaga arkeologi mereka.

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa per 2030, China akan mengembangkan 10 hingga 15 lembaga arkeologi kelas dunia dan status internasionalnya di bidang arkeologi akan meningkat drastis. Per 2035, lebih banyak lembaga arkeologi kelas dunia akan didirikan dan kemampuan komprehensif lembaga arkeologi di China akan ditingkatkan secara signifikan.

Berdasarkan dokumen itu, berbagai upaya akan difokuskan untuk meningkatkan kualitas penelitian akademis, kerja sama internasional, inovasi manajemen, dan pembangunan tim dalam lembaga-lembaga arkeologi.

NCHA akan melakukan evaluasi terhadap lembaga arkeologi China setiap tiga tahun dan menyesuaikan daftar lembaga kelas dunianya berdasarkan hasil evaluasi tersebut. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © 2024



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *