Pemerintah mendorong pembangunan pusat data menggunakan komponen lokal

ikolom.id (ikolom.id) – Pemerintah mendorong pembangunan data center menggunakan komponen lokal untuk menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.

“Pemerintah sangat menekankan menempatkan komponen Indonesia. Setidaknya dengan komponen Indonesia, akan tercipta lebih banyak lapangan kerja,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat berkunjung ke pabrik Schneider Electric di Batam, Indonesia. siaran pers. , Minggu.

Sejalan dengan meningkatnya penggunaan produk dalam negeri dan produk yang dibuat oleh usaha mikro, kecil dan koperasi, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022.

Pemerintah setiap tahunnya mengalokasikan Rs 1.400 triliun untuk belanja sektor domestik, dengan rincian Rs 1.000 triliun untuk belanja pemerintah dan Rs 400 triliun untuk BUMN.

Menurut Menteri Johnny, alokasi anggaran dalam negeri akan besar jika dipadukan dengan kegiatan yang didukung oleh swasta.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny juga menyinggung kebijakan pemerintah yang mendukung penggunaan 5G. Kominfo melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Kantor Pos dan Informatika sedang melaksanakan pertanian kamu renovasi spektrum frekuensi untuk mendukung penggunaan teknologi yang lebih maju.

Saat ini jaringan backbone teknologi yang digunakan di Indonesia adalah 4G, bersamaan dengan itu juga diperkenalkan jaringan 5G.

Teknologi 5G, menurut Johnny, bisa digunakan di smart city, smart village (kota pintar), bandara pintar (bandara pintar) dan pelabuhan pintar (pelabuhan pintar) dengan penggunaan Internet untuk segala.

Indonesia juga membutuhkan kolaborasi sektor swasta untuk mengembangkan sensor pintar (sensor pintar) agar petugas tetap aman.

Di sektor lain, Menteri Johnny mendorong perusahaan swasta untuk mengembangkan efisiensi melalui penggunaan teknologi seperti realitas maya, augmented reality kamu metaverse.

Baca juga: Luhut Ingatkan Pertamina – PLN Soal Penggunaan Komponen Lokal

Baca juga: Menperin Minta Siemens Gandeng Produsen Komponen Genset Lokal

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Penerbit : Suryanto
© ikolom.id 2022



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *