Timnas U-18 Putri akan jalani uji coba sebelum berkompetisi di SEABA

Timnas U-18 Putri akan jalani uji coba sebelum berkompetisi di SEABA
ikolom.id – Timnas Basket U-18 Putri akan menjalani dua laga uji coba sebelum berangkat ke Thailand untuk menjalani kompetisi SEABA U-18 Putri, sebagai upaya pematangan persiapan jelang turnamen.

General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan dalam keterangan tertulis menyebut bahwa Timnas U-18 Putri akan menjalani latihan dua kali dalam sehari mulai dari latihan penguatan fisik sampai latihan strategi bermain.

“Sepekan terakhir sebelum terbang ke Bangkok, kami manfaatkan untuk memantapkan sistem dengan melakukan beberapa laga uji coba,” ungkap Dedy. Laga tersebut bertujuan untuk melihat progres pemain dalam dua laga.

Jika pada pemusatan latihan di Bali Timnas U-18 Putri melakoni laga uji coba melawan tim putra, kali ini mereka akan mendapat lawan dengan gender yang sama. Salah satunya dari Universitas Budi Luhur.

“Tidak ada alasan khusus mengenai pemilihan tim lawan dalam laga uji coba. Lebih karena kami ingin melawan sesama tim putri karena selama di Bali, timnas beruji coba tiga kali melawan tim putra,” kata Dedy.

Skuad Timnas U-18 Putri kali ini merupakan komposisi yang telah diisi oleh 12 pemain, setelah melewati berbagai kualifikasi pemain yang awalnya berjumlah 57 orang sejak Maret lalu.

Namun Dedy menyebut bahwa komposisi 12 pemain ini masih ada potensi untuk terjadi pergantian dengan alasan kebugaran.

“Tentu masih terbuka untuk pergantian pemain jika ada di antara mereka mengalami masalah kebugaran dan kesehatan. Jika potensi itu ada, kami tak akan jauh-jauh cari
penggantinya dari pemain yang sebelumnya ikut seleksi,” katanya. Dedy menegaskan bahwa para pemain saat ini dalam kondisi fit dan tidak bermasalah dalam hal kebugaran.

PP Perbasi merencanakan kompetisi SEABA U-18 Putri ini menjadi tahapan menuju FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024. Tahun ini, FIBA U-18 Putri akan berlangsung di Senzhen, China pada 24-30 Juni 2024.

Indonesia sendiri sudah dipastikan menjadi kontestan FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024. Di ajang ini, Indonesia berada di grup B bersama Jepang, Selandia Baru, dan tuan rumah China.

“Jadi target kami di SEABA U-18 Women’s ini untuk mematangkan permainan tim sebelum tampil di FIBA U-18 Women’s Asia Cup. Melihat pentingnya tahapan ini, kami berharap para pemain berikan yang terbaik karena dari ajang ini akan menjadi evaluasi agar lebih kuat di Piala Asia nanti karena persaingan di Asia tentu akan lebih ketat,” tutup Dedy.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © 2024



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *