Verstappen bangkit dari tekanan dan rebut pole GP Emilia-Romagna

Verstappen bangkit dari tekanan dan rebut pole GP Emilia-Romagna


ikolom.id – Pembalap Red Bull Max Verstappen bangkit dari tekanan lalu mematahkan dominasi para pembalap McLaren dan Ferrari demi merebut pole pada sesi kualifikasi Grand Prix Emilia-Romagna di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari Imola, Italia, Sabtu.

Verstappen mencatatkan waktu terbaik 1 menit 14,746 detik di depan duo pembalap muda McLaren Oscar Piastri dan Lando Norris, yang cukup unggul pada tiga sesi latihan bebas yang digelar sebelumnya.

Adapun Piastri dan Norris, masing-masing memiliki margin waktu 0,074 detik dan 0,091 detik saja dari sang pemimpin balapan.

Sementara itu, berada di posisi empat dan lima adalah dua pembalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz, yang juga tampil baik pada sesi latihan bebas.

Leclerc hanya terlampau 0,224 detik dari sang juara bertahan, sementara Sainz memiliki selisih waktu 0,487 detik dari Verstappen.

Capaian ini sekaligus menandai pole ketujuh Verstappen berturut-turut pada Formula 1 musim 2024, setelah memenangkan posisi awal terdepan di GP Bahrain, GP Arab Saudi, GP Australia, GP Jepang, GP China, dan GP Miami.

Jalannya sesi kualifikasi sempat berjalan alot bagi sejumlah pembalap. Beberapa di antaranya adalah Alexander Albon (Williams) dan Fernando Alonso (Aston Martin) yang meleset saat mencoba melewati tikungan. Alonso pun tersingkir dari Q1, sementara Albon masih memiliki kesempatan selanjutnya, walaupun pada akhirnya tersingkir di Q2.

Pembalap Red Bull Max Verstappen melintasi garis untuk memenangkan Grand Prix Emilia Romagna di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada 24 April 2022.  /REUTERS/Guglielmo Mangiapane/Pool/pri. (REUTERS/GUGLIELMO MANGIAPANE)

Sempat memimpin di Q2, Leclerc dan Yuki Tsunoda (RB) sempat menjadi pesaing terdekat Verstappen. Namun, keunggulan yang dimiliki Tsunoda tidak berjalan lama setelah tiga pembalap lain yang mengisi daftar lima besar menggeser posisinya tak lama kemudian.

Verstappen yang finis di posisi lima, tujuh, dan enam pada tiga sesi latihan bebas pun, tidak gentar dengan tekanan dan kembali mengamankan pole dari seri ketujuh F1 2024.

Sementara itu, George Russell (Mercedes), Tsunoda, Lewis Hamilton (Mercedes), Daniel Ricciardo (RB) dan Nico Hulkenberg (Haas) melengkapi daftar 10 besar pada sesi kualifikasi hari ini.

Di sisi lain, balapan utama GP Emilia-Romagna akan bergulir pada Minggu (19/5) pukul 20.00 WIB.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © 2024



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *